VISI DAN MISI DINAS SOSIAL KABUPATEN BATANG HARI

 

Pembangunan Daerah merupakan salah satu sub sistem dari pembangunan nasional yang meliputi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang ditujukan untuk meningkatkan harkat, martabat dan memperkuat jatidiri serta kepribadian masyarakat dalam pendekatan lokal, nasional dan global. Dalam perspektif perencanaan pembangunan, Pemerintah Daerah harus memperhatikan keseimbangan berbagai aspek dalam satu kesatuan wilayah pembangunan ekonomi, hukum, sosial, budaya, politik, pemerintahan dan lingkungan hidup untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan dengan diikuti oleh penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel (goodgovernance).

Pemerintahan yang akuntabel merupakan sebuah keharusan yang perlu dilaksanakan dalam usaha mewujudkan visi misi Pembangunan Daerah dan aspirasi serta cita–cita masyarakat dalam mencapai masa depan yang lebih baik. Berkaitan dengan hal itu, diperlukan pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat, jelas dan terukur, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna dan berhasilguna.

Dinas Sosial mengemban dan melaksanakan tugas sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Agar pelaksanaan tugas dan fungsi dapat mencapai hasil yang optimal, Dinas Sosial menetapkan visi“MEWUJUDKAN MASYARAKAT BATANG HARI MAJU, ADIL DAN SEJAHTERA MELALUI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL PMKS”

Visi ini mengandung arti bahwa pembangunan bidang kesejahteraan sosial yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh Pemerintah ditujukan untuk mewujudkan suatu kondisi masyarakat yang masuk kedalam kategori PMKS menjadi berkesejahteraan sosial.

Kondisi dimaksud sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melakukan fungsi sosialnya.

 

Visi tersebut dijabarkan kedalam misi sebagai berikut yaitu :

  1. Mewujudkan kesejahteraan sosial melalui pemenuhan jaminan sosial terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).
  2. Mewujudkan kesejahteraan sosial melalui pemberdayaan dan rehabilitasi sosial terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).