Sekretariat berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas dan dipimpin oleh Sekretaris. Sekretariat Dinas mempunyai tugas pelayanan teknis dan administratif serta koordinasi pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Sosial.

Dalam melaksanakan tugasnya, Sekretariat menyelenggarakan fungsi sebagai berikut;

  1. Koordinasi penyusunan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran dibidang sosial serta tugas pembantuan dibidang sosial;
  2. Pengelolaan data dan informasi dibidang sosial;
  3. Koordinasi dan pelaksanaan kerjasama dibidang sosial;
  4. Koordinasi pengelolaan dan laporan keuangan di lingkungan Dinas Sosial ;
  5. Penyusunan bahan rancangan peraturan perundang-undangan dan fasilitasi bantuan hukum dibidang sosial;
  6. Pelaksanaan urusan organisasi dan tatalaksana di lingkungan Dinas Sosial;
  7. pengelolaan kepegawaian di lingkungan Dinas Sosial;
  8. penyusunan bahan pelaksanaan urusan tugas pembantuan dibidang sosial; 
  9. koordinasi dan penyusunan bahan publikasi dan hubungan masyarakat dibidang sosial;
  10. Koordinasi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dibidang sosial;
  11. Pengelolaan barang milik daerah di lingkungan Dinas Sosial;
  12. Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan di lingkungan Dinas Sosial; dan
  13. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas. 

 Sekretariat terdiri atas :

  1. Subbagian Umum dan Kepegawaian; 
  2. Subbagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan; dan 

 

Kedudukan dan Tugas Umum dan Kepegawaian 

  • Subbagian Umum dan Kepegawaian berada dibawah Sekretariat.
  • Subbagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh Kepala Subbagian berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris (3) Subbagian Umum dan Kepegawaian melaksanakan tugas penyiapan dan koordinasi penyelenggaraan urusan umum, aset dan kepegawaian yang menjadi tanggung jawab Dinas Sosial. 

 
Kedudukan dan Tugas Subbagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan 

  • Subbagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan berada dibawah Sekretariat.
  • Subbagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan dipimpin oleh Kepala Subbagian berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris. 
  • Subbagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan melaksanakan tugas penyiapan dan koordinasi penyelenggaraan urusan Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan yang menjadi tanggung jawab Dinas Sosial.