Bidang Perlindungan Sosial

Bidang Perlindungan Sosial berada dibawah dan bertangungjawab kepada Kepala Dinas yang dipimpin oleh Kepala Bidang. Bidang Perlindungan Sosial mempunyai tugas melaksanakan penyiapan koordinasi, fasilitasi perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta evaluasi, monitoring dan pelaporan dibidang penanganan fakir miskin, perlindungan dan jaminan sosial, pemeliharaan taman makam pahlawan dan bantuan sosial.

Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Perlindungan Sosial menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  1. Penyiapan perumusan kebijakan operasional dibidang penanganan fakir miskin, perlindungan dan jaminan sosial, pemeliharaan taman makam pahlawan dan bantuan sosial;
  2. Penyiapan pelaksanaan kebijakan operasional dibidang penanganan fakir miskin, perlindungan dan jaminan sosial, pemeliharaan taman makam pahlawan dan bantuan sosial;
  3. Penyiapan bimbingan teknis dan supervisi dibidang penanganan fakir miskin, perlindungan dan jaminan sosial, pemeliharaan taman makam pahlawan dan bantuan sosial;
  4. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang penanganan fakir miskin, perlindungan dan jaminan sosial, pemeliharaan taman makam pahlawan dan bantuan sosial;
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Kepala Dinas.

Bidang Perlindungan Sosial terdiri dari 3 seksi yaitu :

  1. Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial
  2. Seksi Penanganan Fakir Miskin
  3. Seksi Pengelolaan Bantuan Sosial dan Taman Makam Pahlawan

 

1. Kedudukan dan Tugas Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial 

  • Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial berada dibawah Bidang Perlindungan Sosial.
  • Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial dipimpin oleh Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perlindungan Sosial.
  • Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan berhubungan dengan pemeliharaan anak-anak terlantar, pendataan dan pengelolaan data fakir miskin. 

2. Kedudukan dan Tugas Seksi Penanganan Fakir Miskin 

  • Seksi Penanganan Fakir Miskin berada dibawah Bidang Perlindungan Sosial.
  • Seksi Penanganan Fakir Miskin dipimpin oleh Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Perlindungan Sosial. 
  • Seksi Penanganan Fakir Miskin sebagaimana dimaksud pada ayat melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan berhubungan dengan kebijakan, strategi dan program  penangangan Fakir Miskin.

3. Kedudukan dan Tugas Seksi Pengelolaan Bantuan Sosial dan  Taman Makam Pahlawan 

  • Seksi Pengelolaan Bantuan Sosial dan Taman Makam Pahlawan berada dibawah Bidang Perlindungan Sosial.
  • Seksi Pengelolaan Bantuan Sosial dan Taman Makam Pahlawan dipimpin oleh Kepala Seksi berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perlindungan Sosial.
  • Seksi Pengelolaan Bantuan Sosial dan Taman Makam Pahlawan sebagaimana dimaksud pada ayat melaksanakan tugas penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional, bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan berhubungan dengan pengelolaan bantuan sosial dan Taman Makam Pahlawan Nasional di Kabupten Batang Hari. 

Bidang Perlindungan Sosial pada Dinas Sosial Kabuapten Batang Hari mengurusi kegiatan berupa :

  1. Fasilitasi dan Pembinaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) 
  2. Fasilitasi Pendampingan Program Keluarga Harapan(PKH) dan SLRT
  3. Pendataan dan Pemutakhiran Basis Data Terpadu